Senin, 26 Desember 2011

CIRI-CIRI HAMSTER


  • Hamster Campbell - Hamster ini memiliki gerakan yang tidak terlalu cepat. Jarak antara mata, telinga, dan hidung seimbang. Hamster campbell memiliki kepala yang berbentuk segitiga sama sisi karena bentuk tulang pipinya melebar ke samping. Telinga terlihat besar dan tinggi. Warna dan corak bulu tubuhnya lebih banyak dan paling beragam dibandingkan dengan winter white. Dibandingkan dengan hamster mini lainnya pun, hamster campbell memiliki warna paling indah dengan variasi yang paling banyak. Keempat kaki dari dagu sampai leher bagian bawah ditumbuhibulu berwarna putih. 
Setelah dewasa, tubuh hamster ini tampak gepeng, seolah olah merunduk rata mendekati tanah. Temperamennya tidak setenang winter white, tetapi tidak segesit roborovski. Hamster betina tampak lebih aktif bergerak dibandingkan dengan jantannya.. Pada.dasarnya, hamster campbell bersifat sosial dan senang hidup berkelompok. Jika digabungkan dengan sesamanya sejak kecil, mereka dapat hidup damai.
  • Hamster Winter White - Kepala hamster winter white berbentuk segitiga sama sisi dan terlihat memanjang ke belakang. Ujung hidungnya terlihat agak membulat. Mata bulat besar, mengilap, dan posisinya lebih dekat ke telinga dari pada ke hidung. Jika dilihat dari samping, di atas hidung atau di antara bola mata dan hidungnya terdapat semacam benjolan kecil. Tulang punggung winter white cenderung agak melengkung ke atas, tidak sama dengan campbell yang terlihat berpenampilan agak ceper.
Hamster ini terlihat lebih sering berdiam diri daripada berlari, sangat jinak, dan tidak pernah menggigit. Ukuran tubuhnya cenderung lebih besar dan ,bulunya lebih tipis dibandingkan dengan campbell. Sayangnya, hamster ini memiliki variasi warna yang terbatas. Warna bulu di perutnya lebih terang daripada warna bulu di tubuh bagian atas.
  • Hamster Roborovski - Hamster roborovski senang bersembunyi dan memiliki gerakan yang cepat atau lincah, sehingga- sulit ditangkap dan lebih sulit jinak dibandingkan dengan winter white. Kedua alis di atas mata, bagian mulut, dan kedua pipinya terdapat warna putih yang dominan. Roborovski berbadan pendek dengan mata berwarna hitam yang menonjol dan bulat mengilap. Kepalanya besar, seolah-olah lebih besar dan seakan tidak seimbang dengan panjang tubuhnya. Kumisnya sangat banyak, tumbuh rapat, dan panjang. Warna bulunya cokelat krem keemasan dengan ujung setiap helainya berwarna putih. Bulu di bagian perut berwarna putih. Ekornya sangat pendek dan ditumbuhi bulu, sehingga tidak terlihat. Sebagai hamster terkecil, panjang roborovski maksimum hanya 4-5 cm. Umurnya bisa mencapai 3-3,5 tahun.  
  • Hamster Hibrid - adalah persilangan antar jenis hamster yang menghasilkan hamster tanpa identitas yang pasti. Hamster hibrid hanya bisa terjadi karena campur tangan manusia. Perkawinan antara jenis hamster tidak akan pernah ditemukan di alam bebas. Umumnya istilah hamster hibrid ditujukan untuk hamster hasil persilangan antara hamster jenis campbell dan winter white yang dilakukan melalui lab. Di alam bebas, kedua jenis hamster ini berasal dari wilayah yang berbeda. Sebenarnya mengawinkan dua jenis hamster ini bukan merupakan hal yang bijak karena kedua jenis hamster ini mempunyai kecenderungan untuk terserang penyakit yang berbeda. Jadi, dengan melakukan persilangan antar hamster pada dasarnya sama saja dengan mempertemukan atau mengumpulkan paling sedikit dua kecenderungan penyakit yang bisa menyerang dalam satu tubuh hamster. Jika kita telah mengetahui hal ini, sebaiknya kita tidak mencobanya.
Hamster hibrid biasanya steril. atau mandul karena perkawinan antar jenis menghasilkan susunan gen yang berubah pada anak-anak atau keturunannya. Meskipun ada juga yang tidak mandul, biasanya keturunan berikutnya akan muncul lagi anak hamster hibrid yang mandul. Terdapat beberapa hamster hibrid yang memiliki penampilan fisik mirip dengan winter white, tetapi warna tubuhnya tampak aneh, berbeda dengan warna winter white yang baku. Hingga saat ini hanya ada empat tipe warna hamster winter white yang diakui, yakni pearl, normal, imperial, dan sapphire.
Hamster hibrid yang sering disebut dengan hamster hibrid golden atau golden saja diduga merupakan hasil persilangan hamster winter white pearl dengan hamster cambel berwarna argente. Karenanya, hamster ini memiliki bentuk tubuh menyerupai winter white, tetapi garis punggungnya berwarna coklat. Warna dasar bulu tubuhnya putih bagian atas dengna selubung cokelat kekuningan didaerah punggungnya, sehingga tampak berkilau keemasan, serta bulu kepala bagian atas terdapat bercak kehitaman. Hamster ini membawa sifat winter white yang akan mengalami mutasi warna hingga hanya tersisa warna putih dengan garis punggung kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar